Senin, 16 Februari 2015

RESEP: sup gurame ala sup ikan batam




Duluuuuu sekali, di tahun 2012, saya pernah memasakan menu sup ikan batam saat acara perpisahan anggota PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Kobe Japan. Saat itu mereka ingin menu-nya ikan. alhasil saya buatlah sup ikan batam dengan jenis ikan yang saya juga ragu, ikan apa yang digunakan. 3 taun berselang, saya membuat sup ini lagi karena saya mendapatkan ikan gurame yang sudah digoreng dari ibu saya. Ikan ini sendiri ibu saya dapatkan dari adenya beberapa minggu yang lalu. so sebenernya ikan yang saya pake bukan ikan yang fresh.

Ikan yang walau udh berhari-hari di freezer tapi tetep keliatan enak

Menu ini sudah pernah saya simpan dari dulu, cuman saya perbaiki karena tidak sempat ditulis secara terperinci. Saya sendiri lupa saya mendapatkan menu ini dari mana, semoga aja dengan tidak menuliskan sumber tidak berakibat pada kasus plagiarism >< 


bahan-Bahan:



1/2 kg Ikan kakap, cuci bersih, rendam dengan perasan air jeruk lemon (disini saya pakai 1/2 kg ikan gurame yang sudah digoreng)
3 bh Kemiri, goreng, haluskan
2 sdm Ebi, sangrai, haluskan
2 sdm Teri medan, goreng, halukan
1 bh Sawi asin, iris halus
4 siung bawang putih, iris tipis, goreng, haluskan
garam dan lada
kecap ikan

cara buat:
1. Rebus air sampai mendidih
2. Masukkan kemiri, ebi, bawang putih dan teri medan yang telah dihaluskan, tunggu sampai mendidih
Bahan-bahan membuat sup ikan

3. Masukkan ikan dan sawi asin
Sawi asin, kesukaan saya dan suami

4. Tambahkan garam, lada dan kecap ikan
tadi saya memasukan ikan paling belakangan setelah kuah sudah berasa. Supaya ikan tidak hancur
5. didihkan dengan api kecil hingga kuah jernih
6. siap dihidangkan


Tidak ada komentar :

Posting Komentar