Jumat, 11 September 2015

Penasaran yang terbayarkan, TAHU TEK SURABAYA

Sudah agak lama saya ngidam tahu telur atau tahu tek-nya surabaya. Semenjak saya sekolah di Kobe, nama masakan ini sering disebut-sebut oleh kawan-kawan saya yang wong suroboyo. Mengingat petis yang membuat sedep makanan tidak bisa kami temui di Jepang, akhirnya keinginan mencicipi masakan ini terkubur dalam dalam dan akhirnya terlupakan.
Keinginan masak tahu tek muncul lagi saat minggu lalu saya janjian makan siang dengan sahabat saya Annis. Di cafe kampus tempat kami biasa makan, ada menu tahu telur. Saat saya cicipi rasanya enak. Annis yang lulusan pendidikan tata boga tentu tau bagaimana cara memasak tahu tek. Saat saya tanyakan, Annis bilang kalau dengan petis akan tambah enak.
Bak dicinta ulam tiba, kemarin kawan saya menitip petis untuk saya bawa ke Jepang minggu depan. Ternyata dia membeli lebih dan sebagian diberikan kepada saya. Menurutnya petisnya sangat lezat. Malam itu juga saya putuskan untuk memasak tahu tek di penghujung minggu.
Berbekal info dari Annis, ngubek-ngubek isi tahu tek saat makan di cafe, dan googling, saya berhasil membuat tahu tek sendiri. Yang menurut salah satu panelis tercinta saya, si Al, tahu teknya sssaaaangggaaattttt lezaaatttt!!!!
Bahan:
3 bh Lontong
1buah tahu putih, potong 8. Goreng.
3 butir telur, kocok lepas
1 bh mentimun
1 bh kentang, rebus, iris tipis
1/2 bks tauge kecil, cuci dan rendam dlm air panas
Kecap manis
Garam, merica secukupnya
Minyak goreng agak banyak untuk menggoreng
Bumbu kacang:
2 bh bawang putih, digoreng
Cabe rawit sesuai selera
1 genggam kacang tanah goreng
1 sdt gula merah disisir
1 sdm petis
Air secukupnya
Garam secukupnya
Cara buat:
Tahu telur:
1. Kocok telur, tambahkan merica dan garam.bagi 3.
2. Tiap bagian telur, Masukkan 2potong tahu. Aduk sambil sesekali tahu dihancurkan agar mudah memasaknya
3. Panaskan minyak di wajan datar untuk mendadar telur. Minyak dimasukkan agak banyak sampai telur terendam saat dimasak. Gunakan api besar.
4. Saat minyak panas, masukkan adonan telur. Lebarkan seperti membuat dadar. Kecilkan api.
5. Saat telur mulai matang, besarkan api agar bagian luar telur garing dan renyah
6. Setelah agak kecoklatan, balik telur. Hati-hati saat membaliknya karena kemungkinan akan pecah.
7.kecilkan api. Masak sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan
Membuat bumbu:
1. Haluskan bawang putih, rawit, gula merah dan garam
2. Masukkan kacang, haluskan. Tambah air sedikit demi sedikit sampai sedikit encer.
3. Masukkan petis, aduk sampai agak kental
Cara menyajikan:
1. Potong lontong sesuai ukuran kentang
2. Taruh tahu telur
3. Tabur kentang, timun, dan toge diatasnya
4. Guyur dengan kuah kacang. Beri kecap secukupnya
5. Sajikan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar